Gpinkom Weblog

Forum Insan Komputer

Jenis Prosesor Intel Xeon (bag.1)

Berdasarkan konfigurasinya, pada dasarnya terdapat dua jenis prosesor Intel Xeon, yaitu Intel Xeon DP dan Intel Xeon MP. Kedua istilah ini sebenarnya sudah banyak disinggung pada pembahasan terdahulu (tertera pada beberapa tabel).
Intel Xeon DP adalah prosesor Intel Xeon yang dapat dikonfigurasikan agar mampu beroperasi pada modus maksimum dua prosesor. DP adalah kependekan dari Dual Processor.
Sedangkan Intel Xeon MP adalah prosesor yang dapat dikonfigurasikan agar mampu beroperasi pada modus banyak prosesor, biasanya empat prosesor atau lebih. Komputer server yang menggunakan prosesor Intel Xeon MP ini biasanya menggunakan jenis konfigurasi memori Non-Unoform Memory Access (NUMA).

Prosesor Server Xeon Produksi Intel
1.Prosesor Intel Xeon berbasis arsitektur mikro Intel P6
Prosesor-prosesor Intel Xeon yang menggunakan arsitektur mikro Intel P6 adalah golongan Pentium II Xeon (bernama sandi Drake) dan Pentium III Xeon (bernama sandi Tanner dan Cascades). Prosesor-prosesor tersebut merupakan prosesor single core yang dikemas menggunakan dudukan prosesor slot 2.
Ke dalam prosesor Pentium II Xeon ditambahkan fitur teknologi MMX (basis Intel P6 + MMX), sedangkan pada prosesor Pentium III Xeon ditambahkan fitur teknologi MMX dan SSE (basis Intel P6 + MMX dan SSE).

1.1.Pentium II Xeon
Pentium II Xeon ini diberi nama sandi Drake. Diproduksi dengan teknik fabrikasi 250 nm dan dilengkapi dukungan teknologi MMX, ber-FSB 100 MHz, ber-voltase 2 volt. Frekuensi (clock speed) prosesor berkisar 400 MHz hingga 450 MHz. Termasuk prosesor 32 bit. Pertama kali dirilis pada tanggal 29 Juni 1998.
Walaupun prosesor Pentium II Xeon memiliki kesamaan dengan prosesor desktop Pentium II dalam hal basis mikroarsitekturnya (yaitu Intel P6), keduanya memiliki perbedaan yang mencolok dalam hal jenis cache, kapasitas atau besarnya cache, jenis memori, serta jenis slot yang digunakan. Pentium II Xeon menggunakan memori cache yang berkecepatan setara dengan prosesor, sedangkan prosesor desktop Pentium II berkecepatan separuh dari kecepatan prosesor. Kapasitas memori cache Prosesor Pentium II Xeon adalah 512 KB, 1024 KB atau 2048 KB, sedangkan prosesor desktop Pentium II seluruhnya 512 KB. Selain itu, Pentium II Xeon menggunakan memori dengan spesifikasi ECC (Error Correcting Code) dan konfigurasi multiprosesor. Konfigurasi ini tidak dijumpai pada prosesor desktop Pentium II. Jika prosesor desktop Pentium II menggunakan dudukan prosesor jenis slot 1, maka Pentium II Xeon menggunakan dudukan prosesor jenis slot 2.
Pentium II Xeon biasanya menggunakan chipset Intel 440 GX yang memiliki dua buah slot prosesor , atau chipset Intel 450 NX yang memiliki empat buah slot prosesor. Bahkan jika ditambahkan chipset core logic tambahan, dapat memiliki 8 buah prosesor.
Varian-varian Pentium II Xeon bernama sandi Drake dapat dilihat pada tabel berikut:


1.2.Pentium III Xeon
Terdapat dua varian prosesor Pentium II Xeon, yaitu yang bernama sandi Tanner dan Cascades. Keduanya dilengkapi dukungan teknologi MMX dan SSE.
a.Pentium III Xeon bernama sandi Tanner
Pentium III Xeon bernama sandi Tanner diproduksi dengan teknik fabrikasi 250 nm, ber-FSB 100 MHz dengan lebar bus 64 bit, ber-voltase 2 volt. Frekuensi (clock speed) prosesor berkisar 500 MHz hingga 550 MHz. Chip silikon prosesor mengandung 9,5 juta transistor. Prosesor dikemas dalam bentuk paket SC330 atau SECC2 (Single Edge Contact Cartridge). Dudukan prosesor yang digunakan berjenis slot 2. Pertama kali dirilis pada tanggal 17 Maret 1999.
Pentium III Xeon ini adalah penerus Pentium II Xeon. Sebenarnya tidak ada perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok prosesor tersebut. Perbedaan yang menonjol terletak pada terdapatnya tambahan fitur teknologi SSE dan perbaikan kinerja cache-nya.
Varian-varian Pentium III Xeon bernama sandi Tanner disajikan pada tabel berikut:

b.Pentium III Xeon bernama sandi Cascades
Pentium III Xeon bernama sandi Cascades diproduksi dengan teknik fabrikasi 180 nm, ber-FSB 100 MHz atau 133 MHz dengan lebar bus 64 bit, ber-voltase 2,8 volt. Frekuensi (clock speed) prosesor berkisar 600 MHz hingga 1000 MHz. Chip silikon prosesor mengandung 28 juta transistor. Prosesor dikemas dalam bentuk paket SC330 atau SECC2 (Single Edge Contact Cartridge), dan tetap menggunakan dudukan prosesor jenis slot 2. Pertama kali dirilis pada tanggal 25 Oktober 1999.
Cascades adalah versi kedua dari Pentium III Xeon, dibuat berdasarkan teknologi prosesor desktop Pentium III Coppermine. Pada awalnya, prosesor ini diproduksi dengan cache L2 on-die sebesar 256 KB. Tak lama kemudian Intel memproduksi prosesor Cascades dengan cache L2 sebesar 1024 KB (1 MB) dan 2048 KB (2 MB). Akhirnya prosesor Cascade yang memiliki cache L2 sebesar 2048 KB dikenal dengan nama/sebutan Cascade 2MB
Varian-varian Pentium III Xeon bernama sandi Cascades disajikan pada tabel berikut:

About these ads

Agustus 21, 2008 - Posted by | Intel | , , , ,

3 Komentar »

  1. bos..ane baru aja beli Proccessor Dual Core 2.60Ghz
    Kemudian aku coba cek pake software CPU-Z hasilnya:
    Processor name : INTEL PENTIUM III XEON
    Code Name : TANNER
    di bagian spesification : Intel (R) Pentium (R) CPU E5300 @ 2.60Ghz
    …jd bingung nih..Dual core Kok namenya Pentium III Xeon ??
    Mohon pencerahannya?? maturnuwun

    Komentar oleh amin | Mei 22, 2010 | Balas

  2. asalmualaikum,,,, saya bingung cara membedakan processor untuk pentium 1 – 4… jadi saya dapat mengetahui dari bagian mana nya ya mas,,, makasih….

    Komentar oleh Dhiny | Oktober 4, 2010 | Balas

  3. apa yg membedakan intel xeon sama intel core itu yg lebih unggul nya yang mana klo utk jdi server warnet
    terimakassih
    harap d bls di email sya yah : jenk_gokil@ymail.com

    Komentar oleh FeniE mai | Agustus 16, 2011 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: