Gpinkom Weblog

Forum Insan Komputer

Mikroarsitektur Intel P6 dan NetBurst

Mikroarsitektur Intel P6 dan NetBurst


Mikroarsitektur Intel P6

Intel P6 adalah nama mikroarsitektur prosesor produksi Intel. Mikroarsitektur ini pertama kali diaplikasikan pada prosesor Pentium Pro, yang diperkenalkan pada bulan Nopember 1995, untuk menggantikan desain prosesor produk sebelumnya, yaitu P5 yang diaplikasikan pada prosesor Pentium versi pendahulunya. Prosesor Intel berbasis mikroarsitektur P6 termasuk golongan x86, merupakan generasi keenam dari prosesor golongan x86.

Selain diaplikasikan pada prosesor Pentium Pro, mikroarsitektur Intel P6 ini juga diterapkan pada prosesor-prosesor produk berikutnya, antara lain:

  • Pentium II Pentium M
  • Pentium II Xeon Intel Core
  • Pentium III Celeron (varian Pentium II/III)
  • Pentium III Xeon Celeron M (varian Banias dan Dothan)

Tiga generasi terakhir dari prosesor berbasis mikroarsitektur Intel P6 sejak Pentium Pro hingga Pentium III, dikenal luas memiliki konsumsi daya listrik yang rendah, serta memiliki instruksi per siklus (IPC: Instruction Per Cycle) yang relatif tinggi dengan performa yang tidak mengecewakan.

Mikroarsitektur NetBurst

Pada tahun 2000, perusahaan Intel memproduksi prosesor dengan desain baru, yaitu mikroarsitektur NetBurst yang dikenal pula dengan sebutan mikroarsitektur P68. Mikroarsitektur ini menggantikan mikroarsitektur Intel P6 yang pernah digunakan sebelumnya. Arsitektur NetBurst pertama kali dipakai pada prosesor Pentium 4 bernama sandi Willamate yang dirilis pada tahun 2000. Prosesor Willamate adalah prosesor varian pertama dari golongan Pentium 4. Pentium 4 sendiri adalah prosesor Intel generasi ke tujuh.

Mikroarsitektur NetBurst, akhirnya diaplikasikan pada semua varian Pentium 4, Pentium 4 HT (Pentium 4 Hyper-Threading), Pentium 4 Extreme Edition, Celeron D, Pentium D, dan Pentium Extreme Edition. Mikroarsitektur NetBurst juga diaplikasikan pada prosesor Celeron sejak tahun 2000 dan pada prosesor Xeon sejak tahun 2001 hingga 2006.

Juni 4, 2008 - Posted by | artikel, Intel |

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: