Gpinkom Weblog

Forum Insan Komputer

Hyper-threading dan Teknologi XD bit

Hyper-threading

Sebutan resmi untuk teknologi Hyper-threading adalah Hyper-Threading Technology yang disingkat dengan sebutan HTT. Teknologi karya Intel ini merupakan pengembangan dari teknologi Super-threading yang sebelumnya pernah diterapkan di prosesor Xeon (prosesor untuk server). Hyper-threading adalah bentuk inovasi teknologi yang lebih maju, yang menggunakan teknologi simultaneous multithreading (SMT), yang kemudian diterapkan pada beberapa varian prosesor Pentium 4, baik yang versi prosesor desktop maupun mobile Teknologi Hyper-threading ini tidak diterapkan di generasi prosesor Pentium M berbasis core, Merom, Conroe dan Woodcrest.

Perlu pula diketahui, penggunaan teknologi hyper-treading ini ternyata tidak efisien dalam penggunaan energi. Masalah inilah yang menjadi pertimbangan mengapa teknologi hyper-threading ini tidak diterapkan pada prosesor-prosesor baru berbasis core. Teknologi Hyper-threading sendiri dapat digambarkan sebagai berikut:

Sebuah prosesor yang dilengkapi teknologi hyper-threading oleh software ‘Operating system’ dianggap terdiri dari 2 prosesor (2 ‘logical’ processor). Dengan demikian ‘operating system’ dapat bekerja secara simultan di kedua prosesor (‘logical’ prosesor) tersebut. Hal ini mengakibatkan prosesor dapat memproses beberapa pekerjaan (berkas/tugas) sekaligus, sehingga pemrosesan berjalan lebih cepat dan memperpendek waktu kerja.

Boleh juga dikatakan, dengan adanya teknologi Hyper-threading ini memungkinkan sebuah prosesor bekerja seperti ‘dual prosesor’, atau prosesor tunggal dibaca seolah-olah menjadi ganda. Hal ini terjadi karena teknologi ini bekerja dengan cara menggandakan (menduplikasi) bagian/seksi tertentu dari prosesor (menyimpan catatan arsitektur prosesor).

Teknologi hyper-threading mampu meningkatkan performa prosesor hingga 40 %, bahkan ada yang menjelaskan dapat meningkatkan kemampuan proses kerja hingga dua kali lipat. Pihak Intel sendiri menyatakan bahwa kecepatan Pentium 4 Hyper-threading mampu meningkat 30% dibandingkan Pentium 4 non Hyper-threading. Pada beban kerja yang berat, teknologi hyper-threading mampu meningkatkan performa prosesor Pentium 4, yaitu menghasilkan kinerja yang lebih baik/cepat dibandingkan prosesor Pentium 4 tanpa teknologi hyper-threading. Akan tetapi, perbaikan performa ini juga sangat bergantung program aplikasi yang digunakan. Beberapa program justru menurun performanya ketika teknologi Hyper-threading ini diaktifkan. Kadangkala penurunan performa ini bersifat unik di Pentium 4 (bervariasi bergantung nuansa arsitektur prosesornya). Penurunan tersebut sebenarnya bukan sifat/karakteristik simultaneous multithreading.

Perlu diketahui bahwa fungsi hyper-threading ini bisa bekerja optimal bila didukung oleh sistem operasi yang sesuai, misalnya Windows XP. Selain bergantung pada dukungan sistem operasi, juga bergantung pada:

o Dukungan chipset yang digunakan pada motherboard

o Dukungan BIOS untuk mengatur aktif tidaknya fungsi HT dari BIOS

o Dukungan aplikasi software yang digunakan

Teknologi Hyper-Threading adalah teknologi eksklusif milik Intel, tidak dimiliki oleh prosesor-prosesor yang bukan produksi Intel.

Teknologi 😄 bit

😄 bit adalah kependekan dari eXecute Disable bit, merupakan salah satu fitur teknologi yang terdapat pada prosesor-prosesor canggih masa kini. Misalnya, terdapat pada prosesor desktop dual core seperti Core 2 Duo (yang bernama sandi Conroe maupun Allendale), pada prosesor Core 2 Extreme (yang bernama sandi Conroe XE), dan terdapat pula pada prosesor desktop quad core seperti Core 2 Extreme (yang bernama sandi Kentsfield XE) ataupun pada Core 2 Quad (yang bernama sandi Kentsfield). Pada prosesor-prosesor generasi sebelumnya juga ada yang sudah dilengkapi teknologi😄 bit, misalnya pada Pentium M (mobile processor), pada Pentium 4 HT (bernama sandi Prescott, prescott 2M, dan Cedar Mill), pada Pentium D (bernama sandi Smithfield dan Presler), serta pada Pentium Extrem Edition.

😄 bit adalah sebuah teknologi yang mampu mengubah memori menjadi bersifat executable atau non executabel (bersifat dapat dieksekusi/terbuka atau tidak dapat dieksekusi/tertutup). Proses pengubahan dilakukan dengan cara memberi ‘tanda’ pada memori. Proses tersebut hanya dapat terjadi dengan bantuan software ‘operating system’, misalnya windows XP. Hal ini juga bermakna, teknologi😄 bit tidak berguna tanpa dukungan software (operating system) yang kompatibel (sesuai). Teknologi😄 bit dapat menampakan fungsinya bila dikombinasikan dengan ‘operating system yang sesuai’.

Apabila ada kode-kode yang berupaya menjalankan (me- running) memori yang bertanda ‘non executable’, maka secara otomatis prosesor akan memberikan pesan error ke ‘operating system’, sehingga proses running tadi tidak akan terjadi. Fitur ini berguna untuk mencegah serangan beberapa jenis malware seperti virus atau worm yang mencoba memasukinya. Dengan demikian Fitur😄 bit dapat menolong/membantu meningkatkan keamanan sistem komputer.

😄 bit sebenarnya adalah implementasi/penerapan dari teknologi NX bit (NX = No eXecute). NX bit adalah teknologi yang digunakan oleh prosesor untuk memisahkan sebagian area memori untuk tempat penyimpanan lain, misalnya tempat penyimpanan data. Bagian memori ini diberi tanda (atribut NX) yang berarti hanya dapat digunakan untuk penyimpanan data. Instruksi-instruksi prosesor tidak bisa menempati bagian memori tersebut dan tidak dapat mengeksekusinya. Hal ini merupakan teknik umum yang dikenal dengan sebutan ‘proteksi ruang executable’ (executable space protection). Malware biasanya menyisipkan/menyusupkan kode-kodenya ke program-program di ruang/area penyimpanan data, kemudian me-running-nya dari dalam ruang simpan data tadi. Dengan adanya teknologi NX bit, aktivitas malware tadi dapat dicegah atau diantisipasi.

Fitur NX bit umumnya ditemukan pada prosesor-prosesor ‘arsitektur Havard’. Namun, kemudian teknologi NX bit ini juga ditemukan digunakan untuk tujuan pengamanan di prosesor-prosesor konvensional ‘arsitektur von Neumann’. Pihak Intel menggunakan teknologi NX bit pada produk prosesor-prosesornya, dan teknologi tersebut diberi nama 😄 bit. Pihak AMD menggunakan NX bit ini dengan nama AMD’s NX bit. Baik😄 bit maupun AMD’s NX bit mempunyai fungsi yang sama, hanya berbeda dalam nama

Juli 1, 2008 - Posted by | artikel, Intel |

4 Komentar »

  1. kok cuma ada pengertian nya hyper treading doank se……

    pengertian nya bad sector mana?????

    kapan-kapan di kasih yang lengkap za……

    Komentar oleh fartaz | Agustus 26, 2008 | Balas

  2. Untuk sementara ini kami masih berkonsentrasi pada teknologi prosesor karena masih banyak yang belum mengerti antara pentium 4,celeron,pentium dual core dll. Masalah bad sector nanti pasti akan kita bahas tuntas dalam materi tentang Hardisk. Terima kasih

    Komentar oleh gpinkom | Agustus 27, 2008 | Balas

  3. kalo hyper threading itu, pemakaian energinya sebesar apa sih??
    bales ke e-mail q aja..

    Komentar oleh didit | Juni 11, 2009 | Balas

  4. cara kerja technology hyperthreading gimana sih…?

    Komentar oleh ray | Mei 10, 2012 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: