Gpinkom Weblog

Forum Insan Komputer

Dynamic Front Side Bus Switching,IDA,Intel Turbo Memory,iAMT dan DIP

Dynamic Front Side Bus Switching.

Adalah teknologi yang secara dinamis mampu mengubah FSB dan voltase sehingga prosesor bisa menggunakan daya yang lebih rendah (yang disebut dengan istilah super low frequency mode). Dengan demikian, akan mengurangi konsumsi daya listrik.
Keberadaan Enhanced Sleep state, juga dapat membantu penghematan energi, hal ini terjadi karena konsumsi daya kedua core dan chipset jadi menurun.

Intel Dynamic Acceleration (IDA).

Teknologi ini dibuat untuk meningkatkan kinerja aplikasi-aplikasi single thread, apabila aplikasi-aplikasi tersebut belum mampu memanfaatkan fitur dual core dari prosesor Core 2 Duo. Dengan teknologi ini, aplikasi-aplikasi single thread dapat bekerja lebih cepat.
Jika aplikasi single thread dijalankan, prosesor akan menggunakan dan meng-overclock salah satu core. Pada sisi lain, jika kedua core dalam kondisi aktif (terpakai), prosesor akan mengatur agar thermal (panas) kedua core sama.

Intel Turbo Memory

Intel Turbo Memory dikenal pula dengan nama Robson Technology. Sebenarnya teknologi ini ditujukan untuk membantu kerja harddisk. Prosesnya dapat dijelaskan sebagai berikut:

Perhatikanlah mekanisme kerja harddisk:

Harddisk Drive memutar piringan data dengan kecepatan tertentu, agar data yang ada di piringan dapat diakses. Mekanisme ini tidak efektif karena memiliki kelemahan:
 Kecepatan putar piringan harddisk tidak dapat ditingkatkan, sehingga kecepatan akses data juga tidak bisa dipercepat.
 Memutar piringan harddisk membutuhkan daya yang besar, proses ini dapat mengurangi daya tahan batere laptop.

Intel Turbo Memory akan mengambil alih sebagian tugas harddisk ke sebuah memori jenis NAND (seperti yang digunakan di flashdisk). Dibandingkan harddisk, memori ini memerlukan konsumsi daya yang lebih rendah, namun memiliki kecepatan transfer yang tinggi. Dengan demikian, dapat menghemat konsumsi energi batere, sehingga daya tahan batere menjadi lebih lama.

Intel Active Management Technology (iAMT)

Intel Active Management Technology (iAMT) adalah teknologi sekuriti yang disediakan oleh Intel. Teknologi ini memungkinkan pengelolaan dan keamanan bisa dilakukan dari jarak jauh. Dengan teknologi ini (iAMT), para pengguna tidak perlu khawatir bila mengalami masalah pada komputer yang mereka gunakan. Mereka cukup telepon bagian TI dan melaporkan masalah tersebut. Maka penanganan masalah akan dilakukan dari jarak jauh tanpa harus membawa komputer mereka ke kantor atau ke tukang reparasi.

Dual Independent Bus (DIP)

Dual Independent Bus adalah sebuah inovasi yang diterapkan pada prosesor generasi keenam, baik pada prosesor produksi Intel maupun AMD. Di sini terdapat dua jalur (bus) data I/O.

o Yang pertama adalah bus utama, yaitu jalan yang menghubungkan prosesor dengan chipset pada motherboard. Bus utama ini sering disebut dengan nama FSB atau Front Side Bus.
o Yang kedua adalah jalur/bus yang disebut DIB atau Dual Independent Bus yang digunakan untuk mengakses data pada memori L2 Cache.

Sebelum inovasi ini muncul, jalur yang digunakan untuk mengakses data secara bolak-balik hanyalah bus utama. Namun, kini terdapat dua bus yang independen, yaitu bus utama dan DIB.
Menurut berita, prosesor yang menggunakan arsitektur DIB ini menawarkan peningkatan performansi sampai tiga kali lipat dibandingkan prosesor yang menggunakan arsitektur single bus. Memang, DIB ini dirancang untuk meningkatkan bandwidth dan performansi bus prosesor. Jadi, sekarang, dengan terdapatnya dua buah bus independent ini, prosesor dapat mengakses data secara simultan dan paralel melalui ke dua bus independent tadi.

Juli 9, 2008 - Posted by | Umum | , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: