Gpinkom Weblog

Forum Insan Komputer

Prosesor desktop (Intel) dual core

Perusahaan Intel memproduksi berbagai jenis prosesor dual core dan quad core. Beberapa jenis prosesor desktop dual core yang diproduksi antara lain: Pentium D, Pentium Extreme Edition, Pentium Dual Core, Core 2 Duo, Core 2 Extreme (bernama sandi Conroe XE). Sedangkan prosesor quad core yang diproduksi antara lain: Core 2 Extreme (bernama sandi Kentsfield XE), dan Core 2 Quad.
Nama prosesor-prosesor yang berawalan dengan kata ‘Core 2’ sering pula disebut dengan julukan golongan Prosesor Intel Core 2. Berikut ini disajikan satu persatu golongan prosesor dual core dan quad core.

Prosesor Intel Dual Core

1. Pentium D

Prosesor Pentium D memiliki inti ganda (2 core) dalam satu kemasan keping prosesor, dirancang dan dipasarkan untuk kalangan umum. Terdapat 2 jenis/golongan prosesor Pentium D, yaitu Pentium D dengan nama sandi Smithfield dan Pentium D dengan nama sandi Presler. Seluruh jenis prosesor ini menggunakan soket LGA 775 dan dilengkapi teknologi MMX, SSE, SSE2, SSE3, Intel 64 (implementasi dari teknologi x86-64), dan 😄 bit (implementasi dari teknologi NX bit). Pada beberapa prosesor, masih dilengkapi lagi teknologi yang lain, yaitu Enhanced Intel SpeedStep Technology (EIST) dan Virtualization Technology, tergantung jenis dan nomor seri modelnya.

1.1. Pentium D dengan nama sandi Smithfield

Pentium D dengan nama sandi Smithfield diproduksi dengan teknik produksi 90 nm. L2 Cache yang tertanam dalam chip prosesor sebesar 2048 KB (2 x 1024 KB). Pertama kali dirilis pada tanggal 26 Mei 2005.Clock speed (Frekuensi) prosesor ini berkisar 2667 MHz hingga 3200 MHz dengan TDP 95 Watt hingga 130 Watt bergantung modelnya. Beberapa prosesor diantaranya, diperkaya dengan teknologi Enhanced Intel SpeedStep Technology(EIST).

Prosesor Pentium D dengan nama sandi Smithfield
Prosesor bernomor model 830 dan 840 mendukung Enhanced Intel SpeedStep Technology (EIST)

Tabel Pentium D Smithfield

1.2. Pentium D dengan nama sandi Presler

Pentium D dengan nama sandi Presler diproduksi dengan teknik produksi 65 nm.L2 Cache yang tertanam dalam chip prosesor sebesar 4096 KB (2 x 2048 KB), FSB 800 MHz, memerlukan tegangan listrik 1.2/1.337 VPertama kali dirilis pada tanggal 16 Januari 2006. Clock speed (Frekuensi) prosesor ini berkisar 2800 MHz hingga 3600 MHz dengan TDP sama seperti pendahulunya (Smithfield), yaitu 95 Watt hingga 130 Watt bergantung modelnya. Seluruh prosesor diperkaya dengan teknologi Enhanced Intel SpeedStep Technology (EIST). Bahkan beberapa prosesor diantaranya, diperkaya lagi dengan teknologi VT (Virtualization Technology)

Prosesor Pentium D dengan nama sandi Presler
Prosesor bernomor model 9×0, mendukung Virtualization Technology

Tabel Pentium D Pressler

2. Pentium Extreme Edition
Prosesor Pentium Extreme Edition memiliki inti ganda (2 core) dalam satu kemasan keping prosesor, dirancang dan dipasarkan terutama (cocok) untuk kalangan khusus, yaitu para penggemar/maniak komputer. Terdapat 2 jenis/golongan prosesor Pentium Extreme Edition, yaitu Pentium Extreme Edition dengan nama sandi Smithfield dan Pentium Extreme Edition dengan nama sandi Presler. Nilai TDP kedua jenis prosesor ini sama, yaitu 130 Watt, keduanya menggunakan soket LGA 775 dan dilengkapi teknologi MMX,SSE,SSE2,SSE3,Intel 64 ( implementasi dari teknologi x86-64), dan 😄 bit (implementasi dari teknologi NX bit), Enhanced Intel SpeedStep Technology (EIST), dan Hyper-Threading. Untuk Pentium Extreme Edition keluarga Presler, dilengkapi lagi dengan teknologi VT (Virtualization Technology).

2.1. Pentium Extreme Edition dengan nama sandi Smithfield

Pentium Extreme Edition dengan nama sandi Smithfield dirilis pertama kali pada tanggal 1 Mei 2005, lima hari sebelum rilis Pentium D. Prosesor keluarga Smithfield diproduksi dengan menggunakan teknik produksi 90 nm. Spesifikasi lainnya dapat dilihat pada Tabel

Prosesor Pentium Extreme Edition dengan nama sandi Smithfield

2.2. Pentium Extreme Edition dengan nama sandi Presler

Pentium Extreme Edition dengan nama sandi Presler memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dibandingkan prosesor pendahulunya, yaitu keluarga Smithfield. Selain memiliki FSB yang lebih besar, yaitu 1066 MHz dengan clock speed 3466 MHz, prosesor keluarga Presler ini memiliki L2 Cache 4096 KB (2 x 2048 KB), dua kali lebih besar daripada prosesor keluarga Smithfield. Prosesor keluarga Presler yang dibuat dengan menggunakan teknik produksi 65 nm ini, dirilis pertama kali pada tanggal 16 Januari 2006. Spesifikasi lainnya dapat dilihat pada Tabel

Prosesor Pentium Extreme Edition dengan nama sandi Presler

3. Pentium Dual Core

Prosesor Pentium Dual Core dengan nama sandi Allendale ini, tampaknya diproduksi secara terbatas (limited edition). Sampai saat buku ini ditulis, penulis hanya menjumpai 2 seri prosesor Pentium Dual Core, yaitu E2140 dan E2160. Prosesor ini dibuat dengan mikro arsitektur Intel core, menggunakan teknik produksi 65 nm, besar FSB 800 MHz, dengan L2 Cache 1024 KB. Pentium Dual Core E2140 ber-clock speed 1600 MHz, sedangkan yang bernomor seri E2160 ber-clock speed 1800 MHz.

4. Jenis-jenis prosesor Intel Core 2

Prosesor Intel Core 2 merupakan prosesor 64 bit dengan arsitektur core dan dibuat dengan teknologi proses 65 nm. Prosesor ini ditargetkan dipasarkan untuk kalangan konsumen bebas dan kalangan pelaku bisnis. Prosesor Intel Core 2 ada yang dual core (2 core), ada pula yang quad core (4 core), yang semuanya menggunakan soket LGA.
Sebagian besar jenis prosesor Intel Core 2 dilengkapi dengan dukungan teknologi

– MMX
– SSE : Streaming SIMD Extensions ( Streaming ‘Single Instruction, Multiple Data’ Extensions )
– SSE2 : Streaming SIMD Extensions 2 ( Streaming ‘Single Instruction, Multiple Data’ Extensions 2 )
– SSE3 : Streaming SIMD Extensions 3 ( Streaming ‘Single Instruction, Multiple Data’ Extensions 3 )
– SSSE3 : Suplemental Streaming SIMD Extensions 3 ( Suplemental Streaming ‘Single Instruction, Multiple Data’ Extensions 3)
– EIST (Enhanced Intel SpeedStep Technology )
– Intel 64 (Implementasi Intel’s x86-64)
–😄 bit (Implementasi NX bit)
– IAMT2 (Intel Active Management Technology)
– Trusted Execution Technology
– Virtualization Technology

Berikut ini disajikan pembagian prosesor Intel core 2

4.1. Core 2 Duo

a. Core 2 Duo dengan nama sandi Conroe

Prosesor Intel Core 2 Duo dengan nama sandi Conroe diproduksi dengan clock speed berkisar 1866 MHz hingga 3000 MHz, dengan L2 Cache 2048 KB atau 4096 KB (info sampai dengan September 2007). Luasan core total 143 mm2. Prosesor ini memerlukan konsumsi daya yang tidak terlalu tinggi, yaitu 65 Watt. Pertama kali dirilis pada tanggal 27 Juli 2006

Daftar prosesor Intel Core 2 Duo dengan nama sandi Conroe

Seluruh model dilengkapi dukungan teknologi Virtualization Technology
E6540 tidak dilengkapi dukungan Intel Trusted Execution Technology

b. Core 2 Duo dengan nama sandi Allendale

Prosesor Intel Core 2 Duo dengan nama sandi Allendale, dilengkapi fitur L2 Cache 2048 KB, dengan konsumsi daya (TDP) 65 Watt. Khusus prosesor Core 2 Duo model E4300, E4400, dan E4500, tidak dilengkapi fitur Virtualization Technology. Luasan core total 111 mm2 (lebih kecil dibandingkan Conroe). Pertama kali dirilis pada bulan Januari 2007

Daftar prosesor Intel Core 2 Duo dengan nama sandi Allendale

4.2. Core 2 Extreme dengan nama sandi Conroe XE

Prosesor Core 2 Extreme dengan nama sandi Conroe XE, dirancang khusus untuk para pencinta yang maniak komputer. Dilengkapi dengan fitur unlocked clock multiplier. Pada saat pertama kali dirilis pada tanggal 27 Juli 2006, ditawarkan dengan harga yang sangat tinggi. Prosesor ini memiliki core berukuran 143 mm2, dengan TDP 75 Watt, sedikit lebih besar dari generasi pendahulunya (Core 2 Duo dengan TDP 65 Watt). Spesifikasi yang lain dapat dilihat pada tabel berikut ini:

Prosesor Core 2 Extreme dengan nama sandi Conroe XE

Juli 11, 2008 - Posted by | artikel, Intel |

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: