Gpinkom Weblog

Forum Insan Komputer

Clock rate

Dalam pengetahuan komputer, istilah clock rate biasanya digunakan untuk menyebut kecepatan kerja prosesor yang diukur dalam satuan herz.. Sebenarnya clock rate menyatakan banyaknya siklus per detik (cycles per second). Siklus yang dimaksud adalah siklus transfer nilai (data) dari satu register prosesor ke lainnya. Misalnya dalam satu detik terjadi 100 siklus pengiriman nilai, maka dapat dikatakan clock rate-nya adalah 100 herz. Dengan demikian, jika clock rate suatu prosesor 800 MHz, maka prosesor tersebut mampu mengerjakan 800 juta siklus pengiriman (transfer) nilai atau data per detik. Dengan kata lain, prosesor tersebut mampu mengirim nilai/data sebanyak 800.000.000 kali dalam satu detik.

Clock rate menyatakan banyaknya ‘transfer’ dalam satu detik. Makna kalimat:

‘banyaknya transfer dalam satu detik’

identik dengan

‘seringnya transfer dalam satu detik’

‘Banyaknya transfer’ atau ‘seringnya transfer’ dalam satu detik, menggambarkan frekuensi kejadian dalam satu detik. Itulah sebabnya clock rate disebut juga dengan istilah frekuensi.

Perhatikan pula pernyataan ini : ‘Semakin banyak data yang ditransfer dalam satu detik, semakin cepat kinerja prosesor dalam menyelesaikan pengiriman data.’ Pernyataan tersebut melukiskan kecepatan prosesor. Itulah sebabnya clock rate disebut juga dengan istilah clock speed.

Ada pula yang mendefinisikan clock rate dengan pernyataan: ‘Clock rate adalah kecepatan irama kerja prosesor dalam satu detik, diukur dengan satuan Herz, Mega Herz, atau Giga Herz.’ Pengertian ini tidak salah, identik dengan pengertian yang telah dijelaskan sebelumnya. Hanya saja pelahiran kalimatnya yang berbeda.

Juli 14, 2008 - Posted by | artikel, Umum | ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: