Gpinkom Weblog

Forum Insan Komputer

PR rating

PR rating adalah sebuah metoda untuk membandingkan kesetaraan prosesor buatan AMD dengan prosesor buatan Intel. Prosesor yang dimaksud adalah golongan prosesor x86. Istilah PR rating dimunculkan secara terang-terangan oleh AMD ketika memproduksi prosesor AMD K5. Misalnya, prosesor AMD K5 PR75 yang berkecepatan 75 MHz . Pada prosesor ini tertera tulisan PR75, artinya prosesor tersebut setara dengan prosesor Pentium 75 produksi Intel yang juga berkecepatan 75 MHz. Contoh lainnya adalah prosesor AMD K5 PR120 yang berkecepatan 90 MHz. Pada prosesor ini tertera tulisan PR120, artinya prosesor tersebut setara dengan prosesor Pentium 120 (berkecepatan 120 MHz) produksi Intel, walaupun prosesor K5 PR120 tadi aslinya berkecepatan 90 MHz.

Sistem PR rating tersebut dikembang oleh AMD pada pertengahan tahun 1990. Patut dicatat bahwa perusahaan Intel adalah rival (pesaing) perusahaan AMD dalam hal produksi dan perebutan (pengaruh) pasar golongan prosesor x86.

PR rating pertama kali digunakan pada tahun 1996. Pada saat itu, AMD menggunakan PR rating ini karena ingin menunjukkan bahwa prosesor AMD 5×86 setara kecepatannya dengan prosesor Pentium 75 buatan Intel. Bahkan, untuk menunjukkan pernyataan tersebut, kemudian AMD sengaja melabelkan tanda PR75 pada chip (prosesor) produksinya.

Istilah PR, sebenarnya mengacu pada pengertian Performance Rating. Namun, tidak sedikit masyarakat yang memiliki pemikiran yang salah, mereka mengartikan PR sebagai Pentium Rating karena istilah PR tersebut oleh AMD sering digunakan untuk mengukur dan membandingkan prosesor produksinya dengan prosesor Pentium produksi perusahaan Intel.

Pada tahun yang sama, perusahaan pembuat prosesor yang lain, yaitu Cyrix ikut mengadopsi istilah tersebut (sistem PR rating) untuk mengukur dan membandingkan prosesor produksinya (6×86 dan 6x86MX) dengan prosesor buatan Intel. Prosesor buatan Cyrix tersebut dikatakan memiliki kemampuan yang lebih bagus. Kinerja (operasional) menggunakan OS Microsoft Windows, berjalan lebih cepat dibandingkan prosesor Pentium pada clock speed yang sama

Juli 14, 2008 - Posted by | artikel, Umum |

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: