Gpinkom Weblog

Forum Insan Komputer

PROSESOR AMD K5 (Versi Desktop)

AMD K5 adalah prosesor pertama yang dibuat secara mandiri dalam tubuh perusahaan AMD sendiri. Prosesor ini termasuk golongan prosesor x86. Boleh dikatakan prosesor ini menggunakan mikroarsitektur AMD sendiri. Prosesor AMD K5 berbasis arsitektur Am2900 dengan tambahan decoder x86. Walaupun gagasan desainnya mirip dengan Pentium Pro (buatan Intel), kenyataannya performa prosesor ini lebih mirip dengan Pentium Classic (buatan Intel). AMD memperkenalkan AMD K5 pertama kali pada bulan Maret 1996. Semula prosesor tersebut akan dipasarkan pada tahun 1995. Namun, akhirnya ditunda dan baru dipasarkan pada tahun 1996. Di pasaran, prosesor AMD K5 bersaing dengan prosesor Intel Pentium produksi Intel.

Pada saat itu AMD adalah perusahaan yang sedang berkembang dalam hal pembuatan mikroprosesor, belum banyak memiliki ahli di bidang design prosesor. Prosesor AMD K5 didesain secara ambisius untuk menyaingi Pentium Pro buatan Intel daripada Pentium Classic yang juga buatan Intel. Tampaknya, proyek pembuatan prosesor AMD K5 ditujukan pula untuk mencoba merebut peluang pasar prosesor yang pada saat itu masih dipegang oleh Intel.

Seluruh chip silikon model prosesor AMD K5, mengandung 4,3 juta transistor. Bila dibandingkan dengan prosesor buatan Intel, kelemahan prosesor AMD K5 tidak dilengkapi fitur teknologi MMX. Sementara itu, perusahaan Intel mulai menawarkan produk prosesor terbarunya yang dilengkapi fitur teknologi MMX, yaitu Pentium MMX yang diluncurkan ke pasaran pada awal tahun 1997.

AMD memproduksi dua jenis prosesor AMD K5, yaitu prosesor yang secara internal disebut SSA/5 dan 5k86. Keduanya dirilis dengan label K5. Prosesor SSA/5 diproduksi dengan clock rate (clock speed) berkisar 75 MHz hingga 100 MHz. Model prosesor yang telah diproduksi antara lain 5k86 P75, 5k86 P90, dan 5k86 P100, yang kemudian diganti dengan nama K5 PR75, K5 PR90, dan K5 PR75. Sedangkan prosesor 5k86 diproduksi dengan variasi clock rate berkisar 90 MHz hingga 133 MHz.

AMD mencantumkan kode nama PR pada chip prosesornya. Label PR tersebut mengacu pada istilah PR rating atau performace rating untuk menggambarkan kesetaraan prosesornya dengan prosesor Pentium buatan Intel. Misalnya model prosesor K5 PR75, berarti prosesor tersebut setara dengan Pentium 75 MHz buatan Intel. Model prosesor K5 PR90, berarti prosesor tersebut setara dengan Pentium 90 MHz buatan Intel.

Prosesor AMD K5 (kelompok 5×86) yang berkecepatan 116 MHz dipasarkan dengan nama K5 PR166

1. Kompatibilitas AMD K5 dengan Intel Pentium

Prosesor AMD K5 sengaja dirancang sedemikian rupa, sehingga secara fisik dan fungsional kompatibel dengan prosesor Intel Pentium. Oleh karena itu, prosesor AMD K5 dapat menggunakan semua motherboard yang biasa digunakan oleh prosesor Intel Pentium. Dengan kata lain, dapat menggunakan motherboard-motherboard yang memiliki dukungan terhadap prosesor Intel Pentium. Namun, kadang-kadang motherboard-motherboard tertentu harus di-update lebih dahulu BIOS-nya agar seluruh fitur-fitur AMD K5 dapat dieksploitasi.

Prosesor AMD K5 beroperasi pada tegangan 3,52 Volt, sementara itu beberapa motherboard Pentium menggunakan tegangan 3,3 Volt.Perbedaan spesifikasi tegangan ini kadang-kadang dapat mengakibatkan kesalahan-kesalahan dalam operasi

2. Sejarah

Huruf ‘K’ pada AMD K5 berasal dari kata ‘kryptonite’ (istilah yang diambil dari buku komik), yaitu sesuatu (mungkin sejenis zat atau bahan) yang mampu melemahkan ‘Superman.’ Tampaknya AMD ingin menggambarkan bahwa prosesor AMD K5 mampu menandingi (mengalahkan) prosesor Pentium buatan Intel, dan menggambarkan Intel sebagai Superman karena pada saat itu memang menguasai pasar prosesor dunia.

AMD K5–PR75 sebenarnya adalah clone dari prosesor i80486DX berkecepatan 133 MHz dengan clock bus 33 MHz. Saat merancang K5, sebenarnya AMD telah mendapatkan spesifikasi prosesor Pentium walaupun sebatas spesifikasi kaki-kakinya saja.

Jika Intel menggunakan skema Megaherz untuk menyebutkan kecepatan prosesornya (kecepatan aktual), maka AMD menggunakan skema performace rating untuk menyebutkan kecepatan prosesornya. Seperti telah disinggung sebelumnya bahwa performace rating tidaklah menggambarkan kecepatan chip yang sebenarnya, tetapi menunjukkan kesetaraan prosesor tersebut dengan prosesor Pentium buatan Intel. Misalnya, prosesor AMD K5 PR166 yang memiliki kecepatan 116 MHz, dikatakan setara dengan Pentium 166 MHz. AMD memberikan alasan bahwa prosesor AMD K5 PR166 telah mengalami perbaikan arsitektural sedemikian rupa, sehingga untuk mencapai kinerja setara dengan kecepatan 166 MHz cukup dengan menjalan prosesor dengan kecepatan (clock rate) 116 MHz..

Prosesor AMD K5 dilengkapi fitur-fitur, antara lain:

L1 Cache sebesar 24 KB yang terdiri dari 16 KB untuk cache instruksi ditambah 8 KB untuk cache data. L2 cache tidak terdapat di dalam prosesor, tetapi terpasang eksterna di motherboard

Mempunyai enam unit 5-stage pipelines< yang bekerja secara paralel
Mempunyai unit Floating Point (Floating Point Unit/FPU) kinerjanya tinggi

3. AMD K5 corenamed SSA/5

Sebagian prosesor SSA/5 diproduksi menggunakan teknologi manufaktur 500 nm dengan luasan core 271 mm2,sebagian yang lain diproduksi menggunakan teknologi manufaktur 350 nm dengan luasan core 161 mm2. Chip silikon prosesor ini mengandung 4.3 juta transistor. Seluruh model prosesornya memiliki L1 Cache 24 KB (8 KB untuk cache data + 16 KB untuk cache instruksi), dan menggunakan L2 Cache eksternal. VCore prosesor 3,52 Volt. Prosesor SSA/5 menggunakan soket 5 (296 pin CPGA), tetapi juga kompatibel dipasang pada soket 7 (321 pin CPGA). Model prosesor yang telah diproduksi memiliki frekuensi (clock speed) berkisar 75 MHz hingga 100 MHz dengan FSB berkisar 50 MHz hingga 66 MHz. Pertama kali dirilis pada tanggal 27 Maret 1996

Daftar prosesor AMD K5 corenamed SSA/5

Juli 19, 2008 - Posted by | AMD |

2 Komentar »

  1. okke ,, saya rasa ini bermanfa’at sekali buat anak” SMK khususnya jurusan TKJ….

    Komentar oleh Ellma Laskarmajapahit-fanaticPersela BerjiwaBarcelonista | September 9, 2011 | Balas

  2. Thank’s … sdr Ellma.
    Sekedar info tambahan buat anda. Bila anda berminat, lihatlah di channels:
    http://www.youtube.com/user/smkalkaaffah
    Di channels tersebut banyak e-learning (pelajaran) yang disampaikan melalui video berbahasa Indonesia. Lumayan bagus. Semoga lebih bermanfaat buat anda.

    Komentar oleh admin | September 12, 2011 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: