Gpinkom Weblog

Forum Insan Komputer

PROSESOR AMD K8 (versi dekstop)

Athlon 64 adalah sebuah seri prosesor generasi kedelapan yang dibuat oleh AMD untuk menggantikan kedudukan prosesor pendahulunya, yaitu Athlon XP.Sebenarnya terdapat tiga kelompok prosesor kelas desktop yang menyandang nama Athlon. Ketiga kelompok prosesor tersebut adalah:

  • AMD Athlon ‘Classic’ dan Thunderbird (berbasis mikroarsitektur AMD K7)
  • AMD Athlon XP ( berbasis mikroarsitektur AMD K7 )
  • AMD Athlon 64 ( berbasis mikroarsitektur AMD K8 ) yang terdiri dari :
  1. Prosesor single core : Athlon 64, Athlon 64 FX
  2. Prosesor dual core : Athlon 64 X2, Athlon X2, dan Athlon 64 FX

Pada kelompok prosesor AMD Athlon 64, terdapat dua nama yang sama yang sebenarnya berbeda satu dengan lainnya, yaitu Athlon 64 FX. Kelompok Athlon 64 FX yang pertama adalah prosesor single core, sedangkan kelompok Athlon 64 FX yang kedua adalah prosesor dual core. Jelas perbedaannya terletak pada jumlah core (inti) yang terkandung dalam kemasan prosesor. Kelompok pertama mengandung core tunggal, kelompok kedua mengandung core ganda (dua buah inti). Persamaannya, keduanya diproduksi dengan target pemasaran utama adalah para ‘enthusiast’ (penggemar) komputer dan para gamers.

Keadaan yang sama juga diperbuat oleh perusahaan Intel yang menjadi pesaing AMD. Selain memproduksi Pentium 4 (single core) dan Pentium D (dual core) yang dipasarkan untuk kalangan umum, juga memproduksi Pentium 4 Extreme Edition (single core) dan Pentium Extreme Edition (dual core) yang dipasarkan untuk kaum ‘enthusiast’ (penggemar) komputer dan para gamers.

1.Mikroarsitektur dan Fitur prosesor Athlon 64

Athlon 64 merupakan prosesor kedua yang mengimplementasikan arsitektur 64 bit (AMD64). Prosesor yang pertama kali mengimplementasikan arsitektur ini adalah Opteron yang merupakan prosesor kelas server. Meskipun tergolong prosesor 64 bit, prosesor Athlon 64 tetap kompatibel dengan instruksi x86 32 bit maupun 16 bit.

Prosesor keluarga Athlon 64 berbasis mikroarsitektur AMD K8. Mikroarsitektur K8 adalah revisi dari mikroarsitektur K7 dengan tambahan fitur-fitur baru seperti:

  • AMD64 (pengembangan 64 bit ke dalam set instruksi x86)
  • Penambahan memory controller ke dalam chip (‘memory controller’ internal, integrated, atau on die) yang berjalan dengan clock rate yang sama dengan clock rate prosesornya. Hal ini berarti sinyal elektris dapat diangkut melalui jarak yang lebih pendek dibandingkan dengan interface northbridge, dan secara signifikan dapat memperkecil latency saat mengakses memori utama.Kecilnya faktor latency ini merupakan salah satu keunggulan dari arsitektur Athlon 64.
  • Implementasi HyperTransport (penerapan performansi tinggi koneksi ‘point-to-point’ yang merupakan bagian dari arsitektur ‘Direct Connect’) untuk menggantikan Front Side Bus tradisionil yang selama ini dipakai.
  • Peningkatan kapasitas L2 Cache hingga 1 MB.Kecuali prosesor Athlon 64 3300+ Newcastle, seluruh prosesor keluarga Athlon 64 memiliki L2 Cache 512 KB atau 1 MB.
  • Penambahan fitur SSE2 (Streaming SIMD Extention 2) yang tak lama kemudian ditambahkan pula SSE3 (Streaming SIMD Extention 3).

Mikroarsitektur K8 disebut juga dengan nama Hammer (nama kode internal AMD), atau Sledge Hammer. Secara umum, prosesor Athlon 64 ditargetkan untuk dipasarkan kepada para konsumen pengguna PC (Personal Computer) kelas desktop dan mobile.Pertama kali dirilis pada tanggal 23 September 2003.Prosesor-prosesor kelas desktop dan mobile yang termasuk keluarga Athlon 64 antara lain:


Prosesor keluarga AMD 64 versi desktop, baik yang single core maupun dual core dilengkapi fitur-fitur teknologi MMX,SSE,SSE2,Enhanced 3DNow!,NX bit,AMD64 (implementasi AMD’s X86-64), dan Cool’n’Quiet kecuali prosesor Athlon 64 FX SledgeHammer. Prosesor ini dilengkapi fitur-fitur tadi kecuali fitur Cool’n’Quiet. Bahkan sebagian varian prosesor Athlon 64, juga diperkaya dengan tambahan fitur-fitur lainnya, misalnya fitur SSE3 dan AMD Virtualization.
Nxbit kependekan dari No Execute bit, merupakan fitur sekuriti yang oleh AMD disebut juga dengan istilah ‘Enhanced Virus Protection.’ Fitur ini berguna untuk memperbaiki proteksi (perlindungan) dari gangguan program pengganggu (malware) yang mencoba mengambil alih dan mengontrol sistem.
Fitur Cool’n’Quiet mirip dengan fitur SpeedStep yang ada pada prosesor Intel.Keduanya merupakan teknologi untuk menurunkan kecepatan (clock speed) kerja prosesor yang bertujuan untuk mengurangi konsumsi daya listrik dan mengurangi panas yang ditimbulkan oleh prosesor. Apabila pengguna komputer sedang bekerja menggunakan program aplikasi ringan dan prosesor tak terbebani oleh tugas-tugas kerja yang lain, maka clock speed dan voltase yang digunakan prosesor akan menurun, besar daya yang dikonsumsi oleh prosesor juga menurun. Pernah diinformasikan bahwa prosesor yang memiliki TDP maksimum 89 Watt dapat menurun sampai 32 Watt (stepping C0) sedangkan clock speed menurun sampai 800 MHz, atau, TDP menurun sampai 22 Watt (stepping CG) dan clock speed menurun sampai 1000 MHz.

2.Soket untuk prosesor keluarga Athlon 64

Sebagian prosesor keluarga AMD 64 didesain menggunakan soket 754, sebagian yang lain didesain menggunakan soket 939, soket 940, soket AM2, dan Soket F (1207FX).

  • Soket 754

Pada awalnya, prosesor Athlon 64 menggunakan soket 754, yang diperkenalkan pertama kali pada bulan September 2003. Pada periode berikutnya, soket ini hanya digunakan untuk prosesor Athlon 64 kelas ekonomi. Prosesor Athlon 64 yang menggunakan soket 754 antara lain Athlon 64 nama core ClawHammer, Newcastle, dan Venice. Soket 754 mendukung interface memori 64 bit Singgle Channel.

  • Soket 939

AMD mulai meninggalkan soket 754 dan menggunakan soket 939 untuk prosesor Athlon 64 yang lebih baru dengan performansi yang lebih bagus. Diperkenalkan pertama kali pada bulan Juni 2004. Soket 939 mendukung interface memori 128 bit Dual Channel. Contoh prosesor yang menggunakan soket 939 adalah:

o Singgle core : Athlon 64 nama core Winchester, Manchester, San Diego, Toledo.

Athlon 64 FX nama core ClawHammer, San Diego.

o Dual core : Athlon 64 X2 nama core Manchester, Toledo.

Athlon 64 FX nama core Toledo.

  • Soket 940

Selain menggunakan soket 939, AMD juga mendesain soket 940 untuk dudukan prosesor Athlon 64 produksinya. Contoh prosesor yang menggunaan soket 940 adalah prosesor single core Athlon 64 FX nama core SledgeHammer.

  • Soket AM2

Soket AM2 memiliki 940 lubang pin, namun tidak kompatibel dengan soket 940. Kedua soket tersebut berbeda. Prosesor dengan soket AM2 mendukung penggunaan DDR2 SDRAM, bahkan dapat dikatakan merupakan soket pertama AMD yang memberi dukungan terhadap penggunaan DDR2 SDRAM. AMD merilis soket AM2 pada bulan Mei 2006. Pada saat yang bersamaan dengan penggunaan soket AM2, AMD juga menambahkan fitur baru ke dalam prosesornya. Fitur tersebut adalah teknologi AMD Virtualization. Contoh prosesor yang menggunakan soket AM2 adalah:

o Singgle core : Athlon 64 nama core Orleans, Lima.

o Dual core : Athlon 64 X2 nama core Windsor, Brisbane.

Athlon 64 FX nama core Windsor stepping F2.

  • Soket F (1207FX)

Soket F 1207 FX, dirancang untuk dual soket prosesor dual core Athlon 64 FX. Soket ini tidak kompatibel dengan Soket F. Soket F berbeda dengan soket F 1207 FX. Masing-masing dirancang untuk prosesor, chipset, dan motherboard yang berbeda. Soket F 1207 FX dirilis pada bulan November 2006. Contoh prosesor yang menggunakan soket F 1207 FX adalah Athlon 64 FX Windsor stepping F3.

Prosesor Athlon 64 dilengkapi dengan IHS (Integated Heat Spreader) yang berguna untuk melindungi core (inti atau chip silikon) dari kemungkinan kerusakan akibat kesalahan/kecerobohan teknisi atau kecerobohan pengguna maupun akibat kontak yang tidak sempurna dengan alat pendingin (heatsink, cooling fan, ataupun sejenisnya).

Juli 29, 2008 - Posted by | AMD | , , , , , , , ,

3 Komentar »

  1. […] PROSESOR AMD K8 (versi dekstop) […]

    Ping balik oleh PROSESOR AMD K8 (versi dekstop) at Blog Pribadi | Oktober 16, 2008 | Balas

  2. cara pemasanagan nya
    ..?

    Komentar oleh brian | April 24, 2010 | Balas

  3. […] PROSESOR AMD K8 (versi dekstop) […]

    Ping balik oleh BERBAGI INFORMASI TEKNOLOGI | komarudin21 | September 16, 2015 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: