Gpinkom Weblog

Forum Insan Komputer

Cara mengartikan kode OPN

OPN kependekan dari Order Part Number. OPN sering juga disebut dengan nama lain OEM kependekan dari Original Equipment Manufacturer. Setiap produk prosesor AMD K8 (keluarga Athlon 64, keluarga sempron dan lain-lainnya) memiliki kode OEM tertentu. Pada setiap tabel yang telah disajikan pada bahasan terdahulu selalu dituliskan (disertakan) kode OEM atau OPN untuk setiap prosesor. Dalam topik bahasan ini, OEM bisa penulis artikan sebagai berikut (maaf, bila salah tolong benarkan!):

OEM adalah kode tertentu yang terdiri dari gabungan huruf, angka atau sejenisnya yang sengaja dipakai untuk menyebut suatu produk tertentu yang menggambarkan spesifikasi produk tersebut. Dengan membaca OEM suatu produk seseorang akan mengerti spesifikasi barang (produk) sesuai dengan kode OEM-nya tersebut.

Kode OEM untuk prosesor Athlon 64 dapat diterangkan sebagai berikut, misalkan kode OEM (OPN) prosesor Athlon 64 adalah ADX6400IAA6CZ, maka kode-kode tersebut dapat dirinci:


Rincian arti kode OEM :

Sebagai contoh:
Prosesor Athlon 64 memiliki kode OEM ADX6400IAA6CZ. Jika kode tersebut diterjemahkan berdasarkan keterangan di atas, maka segera diketahui bahwa prosesor tersebut adalah prosesor Athlon 64 X2 6400+ (F3) Black Edition dengan nama core Windsor dengan clock rate (frekuensi) 3200 MHz

Agustus 7, 2008 - Posted by | AMD | , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: