Gpinkom Weblog

Forum Insan Komputer

PROSESOR MOBILE (AMD)

Prosesor mobile adalah prosesor yang biasa digunakan untuk unit komputer berbentuk laptop atau notebook. Seperti halnya prosesor desktop dan server, prosesor mobile banyak sekali ragam atau variannya. Setiap varian prosesor memiliki ciri yang berbeda dengan varian lainnya, diproduksi dengan range frekuensi (clock speed) dan fitur-fitur tertentu. Untuk membedakan varian satu dengan lainnya, setiap varian diberi nama sandi (corenamed atau codenamed) tertentu.
Sebagaimana perusahaan prosesor lainnya, perusahaan AMD juga memproduksi dua versi prosesor mobile, yaitu versi high end dan low end. Versi low end biasa disebut dengan istilah kelas ekonomi karena harganya yang lebih murah.
Mobile Athlon 64, Turion 64, Turion 64 X2, adalah contoh prosesor mobile versi high end. Sedangkan mobile Duron dan mobile Sempron adalah contoh prosesor mobile versi low end.

1. Pengertian istilah laptop atau notebook
Sampai saat ini, masih banyak orang yang bertanya : ‘Apakah bedanya laptop dengan notebook?’ Bagi mereka yang kurang mengerti, istilah ini memang membingungkan, padahal jawabannya sederhana : ‘Laptop sama dengan notebook. Keduanya berbeda istilah, tetapi secara prinsip memiliki makna yang sama’.
Jika dibahas dari sisi arti kata, lap berasal dari bahasa Inggris yang berarti pangkuan. Top berarti atas. Jadi, laptop adalah komputer portablel (mudah dibawa kemana-mana) kecil dan ringan yang dalam pemakaiannya (operasionalnya) bisa (biasa) diletakkan di atas pangkuan seseorang. Sementara kata notebook mengartikan bahwa komputer tersebut bisa di ‘buka-tutup’ seperti layaknya sebuah buku.
Kedua istilah tadi sebenarnya mengacu kepada barang yang sama, yaitu komputer portable yang kompak, berukuran kecil, berbobot ringan, bisa dibawa kemana-mana. Dengan demikian, laptop dan notebook memiliki arti yang sama.
Dalam buku ini sengaja kedua istilah tadi digunakan secara bergantian, kadang-kadang ditulis laptop, kadang-kadang ditulis notebook, dengan tujuan agar pembaca terbiasa menggunakan kedua istilah tersebut. Jika ingin secara konsisten menggunakan satu istilah saja, pilih notebook atau laptop? Jawabannya, terserah anda!
2. Prosesor mobile produk AMD
Sampai saat ini (2008), AMD secara konsisten masih memproduksi prosesor mobile. Pada masa yang lalu, kadang-kadang, prosesor mobile ini juga digunakan untuk unit komputer desktop, begitu juga sebaliknya, prosesor desktop juga dijumpai digunakan untuk unit komputer laptop. Sebagai contoh, prosesor Am5x86 adalah prosesor yang oleh AMD didesain untuk unit komputer desktop. Ternyata, prosesor ini juga diaplikasikan untuk unit komputer laptop. Prosesor ini ditemukan di pasaran dikemas dalam beberapa model laptop yang berbeda satu dengan lainnya.
Sejak September 1998, varian prosesor-prosesor mobile single core maupun dual core kelas high end yang telah diproduksi oleh AMD antara lain:
Prosesor single core:
• AMD K6, terdiri dari:
– Mobile AMD K6 nama core Little Foot
– AMD K6-2-P (Mobile K6-2)
– Mobile AMD K6-2+ nama core Chompers
– Mobile AMD K6-III-P
– Mobile AMD K6-III+ nama core Sharptooth
• AMD K7, terdiri dari:
– Mobile Athlon 4 nama core Corvette
– Mobile Athlon XP-M nama core Palomino, Thoroughbred, Barton
• AMD K8, terdiri dari:
– Mobile Athlon 64 nama core ClawHammer, Odessa, Oakville Newark
– Turion 64 nama core Lancaster, Richmon

Prosesor dual core:
• AMD K8, Turion 64 X2 nama core Taylor, Trinidad, Tyler
Sedangkan varian prosesor-prosesor mobile kelas low end yang telah diproduksi oleh AMD antara lain:
Prosesor single core yang terdiri dari:
• AMD K7, Mobile Duron nama core Spitfire, Camaro
• AMD K8, Mobile Sempron nama core Dublin, Georgetown, Sonora, Albany, Roma, Keene, Sherman.

Agustus 14, 2008 - Posted by | AMD | , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: