Gpinkom Weblog

Forum Insan Komputer

Jenis Prosesor Intel Xeon (bag.3)

3.Prosesor Xeon berbasis arsitektur mikro Pentium M
Perusahaan Intel akhirnya meninggalkan pembuatan prosesor Xeon berbasis arsitektur NetBurst. Di sisi lain mulai giat memproduksi prosesor Xeon berbasis arsitektur mikro Pentium M (Yonah). Arsitektur ini dikembangkan dari arsitektur mikro Intel P6 yang pernah dipakai sebelumnya. Arsitektur Pentium M inilah yang kemudian dikembangkan lagi yang akhirnya menghasilkan arsitektur baru yang disebut arsitektur mikro Intel Core.
Prosesor Xeon yang diproduksi dengan menggunakan arsitektur mikro Pentium M ini diberi nama sandi Sossaman. Terdapat dua versi prosesor Xeon Sossaman, yaitu versi low voltage dan ultra low voltage. Versi ultra low voltage memiliki core voltage dan TDP yang lebih rendah sehingga memerlukan konsumsi daya yang lebih sedikit dan lebih hemat (efisien energi) dibandingkan versi low voltage. Untuk membedakan kedua prosesor ini, maka pada nama prosesor versi low voltage dicantumkan identitas LV, sedangkan pada nama prosesor versi ultra low voltage dicantumkan identitas ULV.
Kedua versi prosesor Xeon Sossaman tersebut diproduksi menggunakan teknik fabrikasi 65 nm dengan fitur L2 Cache 2048 KB, FSB 667 MHz (133 MHz, quad pumped), menggunakan dudukan prosesor tipe soket M, dan diperlengkapi dukungan teknologi MMX, SSE, SSE2, SSE3, Intel’s Server EIST, Virtualization Technology dan😄 bit (implementasi NX bit). Chip silikon yang ada dalam prosesor Xeon berukuran 90,3 mm2. Kedua versi prosesor ini mendukung konfigurasi dual-processor (DP). Pertama kali dirilis pada tanggal 14 Maret 2006.
Jika dibandingkan dengan prosesor Intel Xeon lainnya, tampak bahwa prosesor Sossaman ini termasuk prosesor yang memerlukan konsumsi daya yang paling kecil. Walaupun demikian prosesor ini mampu menampilkan kinerja yang tidak mengecewakan. Perlu pula diketahui bahwa prosesor ini adalah prosesor 32 bit, dengan sendirinya tidak dapat digunakan untuk menjalankan perangkat lunak (software) 64 bit.
Berikut ini disajikan daftar variannya.


4.Prosesor Xeon berbasis arsitektur mikro Intel Core
Mikroarsitektur Intel Core merupakan mikroarsitektur baru yang digunakan oleh perusahaan Intel sebagai pondasi pembuatan jajaran prosesor terbarunya, yang mengarah pada pembuatan prosesor multi core. Teknologi mikroarsitektur ini mampu menghasilkan prosesor yang hemat energi dan secara keseluruhan menghasilkan peningkatan performa yang tidak mengecewakan. Mikroarsitektur Intel Core diaplikasikan pada prosesor desktop, mobile maupun server dan workstation.
Prosesor Xeon (UP/DP) yang berbasis arsitektur mikro Intel Core antara lain prosesor Dual-Core Xeon bernama sandi Allendale, Conroe, Woodcrest, dan prosesor Quad-Core Xeon bernama sandi Kensfield dan Clovertown. Seluruh prosesor Xeon berbasis arsitektur mikro Intel Core, baik versi dual core maupun quad core, diproduksi dengan menggunakan teknik fabrikasi 65 nm.
4.1.Xeon (UP/DP) versi dual core
a.Prosesor Xeon bernama sandi Allendale
Prosesor Dual-Core Xeon Allendale mendukung konfigurasi uni-processor. Prosesor yang menggunakan soket LGA 775 ini dirilis pertama kali pada bulan Januari 2007. Dibangun dengan fitur L2 Cache sebesar 2048 KB, FSB 1066 MHz, core voltage 1.225 Volt hingga 1.325 Volt, dan TDP 65 Watt. Ukuran chip silikon dalam prosesor (die size) 111 mm2. Fitur-fitur teknologi yang terkandung dalam prosesor ini antara lain MMX, SSE, SSE2, SSE3, SSSE3, Intel 64 (implementasi intel x86-64), Virtualization Technology dan😄 bit (implementasi NX bit). Tabel berikut menyajikan spesifikasi varian prosesor Xeon Allendale.

b.Prosesor Xeon bernama sandi Conroe
Sama seperti prosesor Allendale, prosesor Dual-Core Xeon Conroe mendukung konfigurasi uni-processor. Prosesor yang menggunakan soket LGA 775 ini dirilis pertama kali pada bulan Oktober 2006, lebih awal dibandingkan Xeon Conroe. Dibangun dengan fitur L2 Cache sebesar 2048 KB hingga 4096 KB, FSB 1066 MHz dan TDP 65 Watt. Ukuran chip silikon dalam prosesor (die size) 143 mm2. Fitur-fitur teknologi yang terkandung dalam prosesor ini antara lain MMX, SSE, SSE2, SSE3, SSSE3, Intel 64 (implementasi intel x86-64), Virtualization Technology dan😄 bit (implementasi NX bit). Tampak fitur-fitur tersebut tak jauh berbeda dengan prosesor Xeon Allendale. Spesifikasi selengkapnya dapat dilihat pada tabel berikut.

c.Prosesor Xeon bernama sandi Woodcrest
Prosesor Dual-Core Xeon Woodcrest adalah prosesor 64 bit, mendukung konfigurasi dual-processor. Prosesor yang menggunakan soket LGA 771 ini dirilis pertama kali pada bulan Juni 2006, lebih awal dibandingkan Xeon Allendale maupun Conroe. Dibangun dengan fitur L2 Cache sebesar 4096 KB berlaku share, FSB 1066 MHz hingga 1333 MHz, dan TDP 65 Watt hingga 80 Watt. Ukuran chip silikon dalam prosesor (die size) 143 mm2. Fitur-fitur teknologi yang terkandung dalam prosesor ini antara lain MMX, SSE, SSE2, SSE3, SSSE3, Intel 64 (implementasi intel x86-64), Virtualization Technology dan😄 bit (implementasi NX bit). Sebagian varian prosesornya bahkan dilengkapi fitur Intel’s Server EIST. Berikut ini data beberapa variannya.

d.Prosesor Xeon bernama sandi Woodcrest (low voltage)
Sama seperti prosesor Woodcrest pendahulunya, prosesor Dual-Core Xeon Woodcrest versi low voltage ini juga prosesor 64 bit, mendukung konfigurasi dual-processor. Soket yang digunakan juga sama, yaitu LGA 771. Begitu juga L2 Cache dan FSB, dibangun dengan range yang sama, yaitu L2 Cache sebesar 4096 KB, FSB 1066 MHz hingga 1333 MHz. Ukuran chip silikon dalam prosesor (die size) 143 mm2. Fitur-fitur teknologi yang terkandung dalam prosesor ini antara lain MMX, SSE, SSE2, SSE3, SSSE3, Intel 64 (implementasi intel x86-64), Intel’s Server EIST, Virtualization Technology dan😄 bit (implementasi NX bit).
Prosesor Dual-Core Xeon Woodcrest versi low voltage memiliki core voltage dan TDP yang lebih rendah dibandingkan prosesor Woodcrest versi pendahulunya. Berikut ini disajikan spesifikasi varian-varian prosesor Dual-Core Xeon Woodcrest versi low voltage.

4.2.Xeon (UP/DP) versi quad core
Prosesor Xeon (UP/DP) versi quad core yang sudah dirilis hingga buku ini ditulis adalah prosesor yang bernama sandi Kensfield, Clovertown, dan Clovertown (low voltage). Ukuran chip silikon (die size) ketiganya sama, yaitu 2 x 143 mm2, diproduksi menggunakan arsitektur mikro Intel Core.
a.Prosesor Xeon bernama sandi Kentsfield
Prosesor Quad-Core Xeon bernama sandi Kentsfield mendukung konfigurasi uni-processor. Prosesor ini menggunakan dudukan soket LGA775. Dibangun dengan fitur L2 Cache sebesar 2 x 4096 KB, FSB 1066 MHz, core voltage 1.100 Volt hingga 1.372 Volt dan TDP 100 Watt hingga 105 Watt. Teknologi yang disertakan pada prosesor ini antara lain MMX, SSE, SSE2, SSE3, SSSE3, Intel 64 (implementasi intel x86-64), Intel’s Server EIST, Virtualization Technology dan😄 bit (implementasi NX bit). Dirilis pertama kali pada tanggal 7 Januari 2007. Berikut ini spesifikasi varian prosesornya.

b.Prosesor Xeon bernama sandi Clovertown
Prosesor Quad-Core Xeon Clovertown adalah prosesor 64 bit, mendukung konfigurasi dual-processor. Prosesor ini menggunakan dudukan soket LGA771. Dibangun dengan fitur L2 Cache sebesar 2 x 4096 KB, FSB 1066 MHz hingga 1333 MHz, core voltage 1.162 Volt hingga 1.5 Volt dan TDP 80 Watt hingga 150 Watt. Teknologi yang disertakan pada prosesor ini antara lain MMX, SSE, SSE2, SSE3, SSSE3, Intel 64 (implementasi intel x86-64, Virtualization Technology dan😄 bit (implementasi NX bit). Dirilis pertama kali pada tanggal 7 Januari 2007. Sebagian varian prosesornya bahkan dilengkapi fitur Intel’s Server EIST. Tabel berikut ini menampilkan varian-varian prosesor Quad-Core Xeon Clovertown.

c.Prosesor Xeon bernama sandi Clovertown (low voltage)
Sama seperti prosesor Clovertown pendahulunya, prosesor Quad-Core Xeon Clovertown versi low voltage ini juga prosesor 64 bit, mendukung konfigurasi dual-processor. Soket yang digunakan juga sama, yaitu LGA771. Begitu juga L2 Cache dan FSB, dibangun dengan range yang sama, yaitu L2 Cache sebesar 2 x 4096 KB, FSB 1066 MHz hingga 1333 MHz. Fitur-fitur teknologi yang terkandung dalam prosesor ini antara lain MMX, SSE, SSE2, SSE3, SSSE3, Intel 64 (implementasi intel x86-64), Virtualization Technology dan😄 bit (implementasi NX bit). Sebagian varian prosesornya bahkan dilengkapi fitur Intel’s Server EIST. Dirilis pertama kali pada tanggal 12 Maret 2007
Prosesor Dual-Core Xeon Clovertown versi low voltage memiliki core voltage dan TDP yang lebih rendah dibandingkan prosesor Woodcrest versi pendahulunya. Berikut ini disajikan spesifikasi varian-varian prosesor Dual-Core Xeon Clovertown versi low voltage.

Agustus 23, 2008 - Posted by | Intel | , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: