Gpinkom Weblog

Forum Insan Komputer

MIKROPROSESOR INTEL ATOM

logo intel atom

logo intel atom

Intel Atom adalah nama salah satu jenis mikroprosesor golongan x86 dan x86-64 buatan Intel Corporation. Mikroprosesor ini secara fisik berukuran sangat kecil, bahkan di-klaim sebagai mikroprosesor yang memiliki ukuran terkecil pada tahun 2008. Dapat dikatakan bahwa pada tahun tersebut, Intel Atom merupakan hasil revolusi perusahaan Intel dalam manufaktur mikroprosesor. Tidak hanya sekedar dimensi fisiknya yang kecil, transistor yang terintegrasi di dalam prosesornya pun juga berukuran sangat kecil. Konsumsi dayanya sangat rendah sehingga dikenal sebagai prosesor yang hemat daya/hemat energi. Ukuran luas core mikroprosesor ini, hingga April 2009, berkisar 25 mm2 sampai 51, 92 mm2 bergantung jenis atau model mikroprosesornya. Setiap mikroprosesor dapat mengandung 47 juta transistor atau lebih. Dalam operasionalnya, ada yang memerlukan daya hanya 8 Watt, 4 Watt, 2,5 Watt dan bahkan lebih kecil dari satu Watt, yaitu 160 mili Watt (0,16 Watt). Kebutuhan daya sebesar ini memang jauh lebih rendah dibandingkan mikroperosesor lain buatan Intel, misalnya golongan mikroprosesor mobile seperti Pentium M, Core Solo, Core duo, Core 2 Duo, Celeron yang juga dikenal hemat energi.. Mikroprosesor Intel Atom memang sangat cocok untuk komputer mobile atau komputer berukuran mini seperti UMPC/MIDs, Nettop dan Netbook, karena sangat hemat energi yang bermakna sangat hemat dalam penggunaan batterai, dan tidak begitu panas. Dengan demikian, notebook yang menggunakan mikroprosesor Intel Atom dapat dioperasikan dalam waktu yang lebih lama karena energi dalam batterai dapat bertahan lebih lama. Selain dikenal sebagai prosesor hemat energi (low power), Intel Atom juga dikenal sebagai prosesor yang murah harga atau biayanya (low cost).
Mikroprosesor Intel Atom diproduksi dengan tujuan utama sebagai perangkat yang digunakan untuk akses internet yang mudah dibawa kemana-mana (mobile internet devices)/ultra mobile PC, nettop, netbook dan telepon pintar (smart phones) dengan konsumsi daya yang rendah.
Mikroprosesor Intel Atom dirilis pertama kali pada bulan April 2008. Mikroprosesor tersebut diberi nama sandi (corenamed) Silverthorne yang diproduksi untuk perangkat UMPC (Ultra Mobile PC) atau MIDs (Mobile Internet Devices). Model atau nama prosesornya menggunakan kode Z, misalnya mikroprosesor Intel Atom Z500 dan Intel Atom Z510.
Kurang lebih dua bulan kemudian, Juni 2008, Intel merilis lagi mikroprosesor Intel Atom yang diberi nama sandi Diamondville yang diproduksi untuk perangkat netbook dan nettop. Netbook tersebut merupakan komputer versi notebook yang harganya murah (low-cost notebook), sedangkan nettopnya adalah komputer versi desktop berharga murah (low-cost desktop). Model atau nama mikroprosesor yang diproduksi untuk netbook diberi kode N, misalnya mikroprosesor Intel Atom N270. Contoh produk komputer (PC) yang menggunakan Intel Atom Diamondville sebagai prosesornya adalah:

daftar atom

Contoh produk komputer (PC) yang menggunakan Intel Atom Diamondville

Intel juga menyatakan bahwa mikroprosesor Silverthorn dan Diamondville dibuat menggunakan mikroarsitektur yang sama, yaitu mikroarsitektur Nehalem. Pernyataan ini secara resmi diumumkan oleh Intel pada musim semi tahun 2008 di Shanghai.

Kemampuan mikroprosesor Intel Atom
Mikroprosesor Intel Atom tampaknya didesain untuk kelas entry level, yang dilengkapi sarana untuk akses internet. Seperti telah dijelaskan sebelumnya, bahwa salah satu fungsi utamanya ditujukan untuk berinternet, bagus untuk web browsing, e-mail, dan sejumlah aplikasi internet dasar lainnya, juga bagus untuk aplikasi program pengolah kata (word processing) dan perangkat edukasi. Mikroprosesor ini menampilkan performa yang cukup baik untuk berinternet, didukung fitur multi-threading atau biasa disebut Hyper-Threading Technology (tidak seluruh prosesor) serta SSE3 (Streaming SIMD Extention 3) untuk meningkatkan performa yang menyenangkan untuk multimedia (menonton video, foto dan mendengarkan music) serta game ringan. Namun, untuk sementara ini, game tiga dimensi yang agak berat tidak dapat dijamin mulus jika dijalankan di komputer ini, karena pembuatan mikroprosesor Intel Atom tidak ditujukan untuk main game dan bukan untuk para gamer. Juga kurang cocok untuk design grafis, video editing, penggunaan program berat seperti photoshop, autocad dll.
Secara umum, kemampuan kerja mikroprosesor Intel Atom di bawah kemampuan mikroprosesor Intel Core atau Intel Core2. Perkiraan secara kasar menyebutkan bahwa performa mikroprosesor Intel Atom separuh dari performa mikroprosesor Celeron 430 (corenamed Conroe-L) 1,8 GHz. Memang mikroprosesor Intel Atom tidak dapat dibandingkan dengan mikroprosesor Intel Core ataupun Intel Core2 karena masing-masing didesain dan diproduksi untuk tujuan penggunaan yang berbeda. Perhitungan pembuatan mikroprosesor Intel Atom lebih ditekankan pada penciptaan mikroprosesor dengan konsumsi daya rendah daripada penciptaan mikroprosesor berperforma tinggi.

Mei 3, 2010 - Posted by | artikel, Intel | , , , , , , ,

1 Komentar »

  1. letaknya c-mos itu dmn?

    Komentar oleh wahyu | Desember 5, 2010 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: