Gpinkom Weblog

Forum Insan Komputer

Subnotebook, netbook, nettop dan UMPC (MIDs)

Dalam pengetahuan komputer, terdapat beberapa istilah yang digunakan untuk menyebut suatu perangkat komputer tertentu yang kadang-kadang membingungkan para pengguna komputer, terutama mereka yang betul-betul masih awam terhadap pengetahuan komputer.  Misalnya istilah subnotebook, netbook, nettop, UMPC atau MIDs.  Mikroprosesor Intel Atom umumnya diaplikasi untuk komputer netbook, nettop atau UMPC (MIDs). Lebih tepatnya, kebanyakan digunakan untuk komputer-komputer pribadi yang tujuan utamanya untuk berinternet.  Secara umum ukuran fisiknya bendanya lebih kecil, berbobot  ringan, konsumsi daya rendah sehingga umur pakai battere untuk medukung operasional komputer lebih lama.  Berikut ini sedikit ulasan mengenai istilah-istilah tadi.
1.Subnotebook
Subnotebook adalah perangkat komputer serupa notebook tetapi ukuran atau dimensinya lebih kecil dari notebook biasa.. Dengan kalimat lain yang lebih ringkas, dapat dikatakan bahwa subnotebook adalah notebook mini. Subnotebook masih menggunakan standar mikroprosesor mobile sama seperti yang digunakan oleh notebook-notebook umumnya. Contoh subnotebook yang telah beredar di pasaran adalah Asus Eee PC, Classmate PC, HP MiniNote, dan Sony Vaio. Kelemahan utama subnotebook terletak pada kebutuhan dayanya yang dirasakan masih cukup besar, serta timbulnya panas yang berlebihan yang dikeluarkan oleh prosesor saat sedang aktif bekerja. Sementara itu, ukuran fisik subnotebook cukup kecil, dan jumlah cell-cell batere yang dapat ditampung tidak bisa banyak. Kondisi seperti ini mengakibatkan cadangan energi pada batere menjadi cepat habis , subnotebook lebih cepat panas, dan dapat menurunkan kinerja komputer. Subnotebook dapat menjadi lebih bagus bila menggunakan mikroprosesor, chipset, media simpan/storage dan komponen-komponen lainnya yang hemat energi.
2.Netbook
Netbook adalah perangkat (komputer) yang mirip dengan notebook, tetapi biasanya berukuran lebih kecil (layarnya juga berukuran lebih kecil) dan digunakan dengan tujuan utama untuk berinternet. Dengan ukuran yang lebih kecil dan bobot yang lebih ringan, netbook menjadi lebih fleksibel, tepat serta cocok untuk dibawa pergi kemanapun, dipakai di rumah, di perjalanan, di kantor, kafe serta berbagai tempat lainnya.
Istilah netbook berasal dari kata internet dan notebook. Semula, netbook memang diproduksi terutama untuk konsumen notebook (laptop) yang mobilitasnya tinggi dan membutuhkan koneksi internet tanpa harus kesulitan membawa notebook yang berukuran besar dan berat. Itulah sebabnya, netbook tepat untuk kalangan bisnis atau siapapun yang membutuhkan akses internet secara instan dengan waktu online yang lebih lama. Selain itu, netbook yang menggunakan mikroprosesor Intel Atom, harganya jauh lebih murah dibandingkan notebook yang menggunakan mikroprosesor berbasis mikroarsitektur intel Core. Netbook Intel Atom sering disebut dengan istilah low-cost notebook atau low-cost laptops yang berarti notebook/laptop berharga murah. Pada saat ini (2009), sebagian besar produsen netbook menggunakan Intel Atom sebagai mikroprosesornya, dan terbukti cukup handal dalam menjalankan aplikasi standar dari netbook. Contoh netbook yang menggunakan mikroprosesor Intel Atom , dan telah beredar ke pasaran, antara lain:

  • Acer Aspire One
  • Asus Eee PC 901
  • Asus EeePC 1000HE
  • Axioo Pico
  • MSI Wind

Istilah netbook pertama kali diperkenalkan kepada konsumen notebook bersamaan dengan diperkenalkannya (munculnya) mikroprosesor Intel Atom. Mikroprosesor ini berhasil mengangkat nama netbook ke permukaan hingga dikenal luas oleh konsumen. Hingga awal 2009, perkembangan netbook cukup pesat dan tergolong sukses di pasaran laptop murah. Bahkan, mampu membawa netbook menjadi salah satu jenis laptop yang memiliki pangsa penjualan tertinggi. Walaupun memiliki banyak kelebihan, misalnya ukurannya yang kecil, ringan dan lainnya, masih banyak yang dikeluhkan oleh konsumen, terutama masalah kenyamanan pemakaian dalam jangka waktu yang lama, karena ukuran keyboard yang mungil dan layarnya yang kecil.
Perbedaan yang menonjol antara netbook dengan subnotebook terletak pada fungsi utamanya. Jika netbook terutama ditujukan untuk aplikasi internet, subnotebook tidaklah demikian. Subnotebook lebih difungsikan seperti notebook pada umumnya. Berikut ini disajikan gambar beberapa netbook.

contoh netbook

contoh netbook

Pada tahun 2008, netbook yang menggunakan mikroprosesor Intel Atom merupakan pendatang baru dalam komunitas komputer versi mobile. Berikut ini disajikan fitur-fitur yang bisanya dimiliki oleh netbook yang menggunakan mikroprosesor Intel Atom.

Tabel Fitur Intel Atom

Tabel Fitur Intel Atom

Tabel Lanjutan Fitur Intel Atom

Tabel Lanjutan Fitur Intel Atom

3.Nettop
Nettop sebenarnya adalah komputer desktop yang fungsi utamanya untuk berinternet. Secara fungsional mirip dengan netbook. Jika netbook adalah tipe komputer mobile berwujud seperti notebook, dapat dengan mudah dibawa kemana-mana (portable), sedangkan nettop bukan komputer mobile, boleh dibilang untuk jaman sekarang (2009) dapat dikatakan non portable, tak ubahnya seperti komputer desktop biasa. Namun, ukuran fisik nettop umumnya memang lebih kecil dari komputer desktop standarnya. Pada tahun 2008, nettop mulai banyak dipasarkan. Awalnya, hanya ditawarkan nettop yang menggunakan mikroprosesor single core. Selang beberapa bulan kemudian, ditawarkan nettop yang menggunakan mikroprosesor dual core. Berikut ini disajikan beberapa gambar tentang produk nettop dari berbagai
perusahaan.
Contoh Nettop



Ukuran fisik chip silikon mikroprosesor Intel Atom memang kecil. Keadaan ini cukup menguntungkan karena beaya pembuatan mikroprosesor dapat ditekan menjadi lebih murah, mengingat silikon merupakan salah satu bahan pembuatan chip yang mahal harganya. Selain itu, motherboard yang digunakan berukuran lebih kecil dan menggunakan sistem pendingin yang lebih sederhana, yang secara keseluruhan bahan produksi nettop menjadi lebih murah lagi. Nettop Shuttle X27 misalnya, nettop ini mengkonsumsi daya kurang dari 40 Watt ketika sedang bekerja dan mikroprosesornya tidak menggunakan pendingin sama sekali. Hal inilah yang menjadikan harga nettop berbasis mikroprosesor Intel Atom umumnya lebih murah dibandingkan komputer desktop yang berkembang saat itu, sehingga sering disebut dengan istilah low-cost desktop (komputer desktop berharga murah). Kelebihan lain dari nettop adalah suara yang ditimbulkan saat aktif bekerja tidak bising (cukup tenang).

mobo nettop

mobo nettop

Perbedaan yang menonjol antara nettop dengan komputer desktop biasa terletak pada fungsi utamanya. Jika nettop terutama ditujukan untuk aplikasi internet, komputer desktop (seperti umumnya) tidaklah demikian, biasanya dipakai untuk aplikasi umum dan memiliki performa/kinerja yang lebih bagus dibanding nettop. Pada tahun 2008, nettop yang menggunakan mikroprosesor Intel Atom merupakan pendatang baru dalam komunitas komputer desktop. Berikut ini disajikan fitur-fitur yang bisanya dimiliki oleh nettop yang menggunakan mikroprosesor Intel Atom.

fitur nettop

fitur nettop


Penampilan nettop yang menyenangkan dengan berbagai kelebihannya ternyata mampu menarik minat konsumen komputer di dunia. Nettop mulai populer. Di Indonesia (hingga tahun 2009), inisiasi pemasaran nettop juga mulai berkembang. Harganya yang murah dan konsumsi energi yang rendah, serta berbagai kelebihan tadi, merupakan faktor penentu yang menjadikan nettop diminati konsumen. Kehadiran nettop diperkirakan akan mampu mengangkat kembali pangsa pasar komputer kelas desktop yang pada tahun 2008 dirasakan mulai menurun. Perangkat nettop dapat berjalan normal pada OS Windows XP, Vista, maupun Windows 7.
4.UMPC (MIDs)
UMPC kependekan dari Ultra Mobile Personal Computer. UMPC sering juga disebut dengan istilah MIDs yang merupakan kependekan dari Mobile Internet Devices. MIDs termasuk tipe komputer mobile yang umumnya berukuran fisik lebih kecil dari netbook maupun subnotebook. Fungsi utamanya juga ditujukan untuk aplikasi internet. Pada tahun 2008, MIDs yang menggunakan mikroprosesor Intel Atom seri Z5xx, misalnya Intel Atom Z500, Z510, Z520, Z530 dan Z540, merupakan pendatang baru dalam komunitas komputer mobile versi MIDs.

UMPC

UMPC

Mei 3, 2010 - Posted by | artikel, Intel | , , ,

5 Komentar »

  1. […] Source […]

    Ping balik oleh Perbedaan Subnotebook, netbook, nettop dan UMPC (MIDs) « Hardware Research division | September 3, 2010 | Balas

  2. keren gan……
    ada lagi ngak tulisan tentang microprosesor lainnya.
    law ada kirin di email q .

    Komentar oleh raden | Januari 10, 2011 | Balas

  3. hai akang raden, kayaknya ada yang baru di YOU TUBE GPINKOM, enak didenger. moga gpimkom tambah berkah. salam kenal….

    Komentar oleh yoan | Januari 10, 2011 | Balas

  4. Neumpang Slm Doaank….he…..

    Komentar oleh MH | Januari 26, 2011 | Balas

  5. […] Dalam pengetahuan komputer, terdapat beberapa istilah yang digunakan untuk menyebut suatu perangkat komputer tertentu yang kadang-kadang membingungkan para pengguna komputer, terutama mereka yang betul-betul masih awam terhadap pengetahuan komputer.  Misalnya istilah subnotebook, netbook, nettop, UMPC atau MIDs.  Mikroprosesor Intel Atom umumnya diaplikasi untuk komputer netbook, nettop atau UMPC (MIDs). Lebih tepatnya, kebanyakan digunakan untuk komputer-komputer pribadi yang tujuan utamanya untuk berinternet.  Secara umum ukuran fisiknya bendanya lebih kecil, berbobot  ringan, konsumsi daya rendah sehingga umur pakai battere untuk medukung operasional komputer lebih lama.  Berikut ini sedikit ulasan mengenai istilah-istilah tadi. Selengkapnya […]

    Ping balik oleh Subnotebook, netbook, nettop dan UMPC (MIDs) « bertoanto | Februari 19, 2011 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: