Gpinkom Weblog

Forum Insan Komputer

Mikroarsitektur dan Fitur Intel Atom

Mikroprosesor Intel Atom menggunakan desain baru yang berbeda dengan arsitektur mikroprosesor yang sudah ada sebelumnya.  Desain mikroprosesor ini didasarkan pada mikroarsitektur yang hemat energi, mengurangi panas yang dihasilkan oleh prosesor dan sengaja dirancang untuk perangkat internet.  Mikroprosesor Intel Atom diproduksi menggunakan teknologi baru, yaitu teknologi fabrikasi 45 nanometer (hafnium infused 45 nanometer high-k silicon). Mikroprosesor ini mampu menjalankan dua instruksi per siklus.  Pada clock speed yang setara, kinerja prosesor Intel Atom single core kurang lebih sebanding dengan separuh kinerja prosesor Pentium M.  Misalnya, mikroprosesor Intel Atom berkecepatan 1,6 GHz yang banyak ditemukan pada netbook-netbook yang beredar di pasaran, mampu memberikan sekitar 3.300 MIPS (Million Instruction Per Second) dan 2,1 GFLOPS pada uji standart benchmarks.  Sedangkan Pentium M 740 berkecepatan 1,73 GHz mampu memberikan sekitar 7400 MIPS dan 3,9 GFLOPS.  Jika diperbandingkan, secara kasar dapat dikatakan bahwa kinerja Intel Atom kurang lebih separuh dari kinerja Pentium M.

Intel Atom 230 dan 330,  merupakan mikroprosesor Intel Atom model desktop yang mengimplementasikan set instruksi  x86-64.  Berbeda halnya dengan Intel Atom seri N (model prosesor untuk netbook) dan seri Z (model prosesor untuk MIDs) yang hanya mengimplementasikan set instruksi x86 (IA-32), tidak mengimplementasikan set instruksi  x86-64, sehingga tidak dapat menjalankan kode x86-64.

  • Fitur-fitur mikroprosesor Intel Atom

Sampai dengan bulan Maret 2009, seluruh varian mikroprosesor Intel Atom dilengkapi fitur teknologi MMX, SSE, SSE2, SSE3, SSSE3, dan XDbit. Untuk mikroprosesor versi nettopnya juga dilengkapi fitur teknologi Intel 64 dan Hyper-Threading. Sedangkan mikroprosesor versi netbooknya tidak memiliki fitur teknologi Intel 64, namun ditambahkan fitur teknologi EIST (Enhanced Speed Step Technology) dan Hyper-Threading. Berbeda halnya dengan mikroprosesor Intel Atom versi UMPC (MID). Pada mikroprosesor ini ditambahkan fitur teknologi EIST, bahkan sebagian model (produk) prosesornya juga dilengkapi teknologi Hyper-Threading dan Intel VT, namun semuanya tidak memiliki fitur teknologi Intel 64.
Teknologi XDbit (eXecute Disable bit) hanya dapat berfungsi jika menggunakan OS (operating system) yang sudah dilengkapi dukungan terhadap penggunaan teknologi XDbit, misalnya Windows XP. Teknologi lainnya, yaitu Hyper-Threading, Intel 64 dan Intel VT, hanya dapat berfungsi jika sistem komputer menggunakan chipset, BIOS dan OS yang mendukung aplikasi teknologi tersebut. Performa atau kinerja komputer yang dihasilkan akibat tambahan berbagai teknologi tadi, sangat bergantung pada konfigurasi hardware dan software yang digunakan.

Mei 4, 2010 - Posted by | artikel, Intel | ,

3 Komentar »

  1. […] Source […]

    Ping balik oleh Mikroarsitektur dan Fitur Intel Atom « Hardware Research division | September 3, 2010 | Balas

  2. Mau Tanya Apakah Intel Atom Pada Netbook ada Share Memory yang bisa digunakan sperti AMD
    Biar Bisa Main PB (Point Blank) di NETBOOK

    Komentar oleh Viantart_Bin Mulyono | Januari 20, 2011 | Balas

  3. […] kasar dapat dikatakan bahwa kinerja Intel Atom kurang lebih separuh dari kinerja Pentium M.  selengkapnya Comments RSS feed LikeBe the first to like this […]

    Ping balik oleh Mikroarsitektur dan Fitur Intel Atom « bertoanto | Februari 19, 2011 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: